Pengembangan E-Modul Berbasis Research Based Learning Berbantukan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Ipas Untuk Mendukung Merdeka Belajar Siswa Sekolah Dasar

Estuhono, EH and Sonia Yulia Friska, SYF and Ika Paradila, IP Pengembangan E-Modul Berbasis Research Based Learning Berbantukan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Ipas Untuk Mendukung Merdeka Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13 (1): 14. pp. 112-126. ISSN 2656-4459

[thumbnail of 2. ARTIKEL ESTU, SONIA, IKA.pdf] Text
2. ARTIKEL ESTU, SONIA, IKA.pdf

Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya, hal tersebut dikarenakan bahan ajar yang digunakan masih berbentuk cetak dan hanya menyajikan materi secara garis besar saja. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis research based learning berbantukan aplikasi book creator pada pembelajaran IPAS yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: penelitian pendahuluan (Preliminary research), tahap prototipe (Prototyping phase), dan tahap penilaian (Assessment phase). Hasil validasi e-modul berbasis research based learning pada pembelajaran IPAS divalidasi oleh tiga validator, yaitu validasi ahli bahasa 85% dengan kategori sangat valid, validasi ahli materi 83% dengan kategori sangat valid, dan validasi ahli konstruk 98% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis angket respon guru dinilai oleh guru wali kelas I dan IV memperoleh rata-rata 82% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji coba one to one evaluation diperoleh rata-rata 92% dengan kategori sangat praktis, dan uji coba small group evaluation memperoleh rata-rata 85% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektifitas diperoleh dari tiga ranah, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan memperoleh rata-rata 81,36% dengan kategori sangat efektif.
Kata kunci: pengembangan, e-modul, RBL, IPAS

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Estuhono Estuhono
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:57
Last Modified: 29 Aug 2023 02:57
URI: http://repository.undhari.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item
View Item