Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Alat Permainan Kartu Kata Bergambar Di TK Bundo Sungai Duo

Mariatun, M and Estuhono, EH (2020) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Alat Permainan Kartu Kata Bergambar Di TK Bundo Sungai Duo. DE-Journal (Dharmas Education Journal), 1 (1): 8. pp. 32-39. ISSN 2722-7839

[thumbnail of Artikel DE Journal] Text (Artikel DE Journal)
43-Article Text-252-4-10-20200904 DE Journaql.pdf

Download (449kB)

Abstract

Penelitian ini didasari atas rendahnya kemampuan membaca. Pertama, anak kurang mengenal huruf-huruf abjad dan huruf-huruf awal. Kedua, kurang minat anak untuk membaca buku dan mencari aktivitas lain saat guru megajarkan membaca. Ketiga, kurangnya media yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki kemampuan anak dalam membaca sehingga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca dengan menggunakan media alat permainan kartu bergambar di TK Bundo Sungai Duo. Jenis penelitian adalah metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 1 siklus. Subjek penelitian siswa TK Bundo Sungai Duo Sitiung. Teknik pengumpul data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembaran pengamatan. Teknik analisis data bersifat kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif yaitu hasil belajar membaca anak. Sedangkan data kualitatif berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi di TK Bundo Sungai Duo. Hasil penelitian adalah: peningkatan kemampuan membaca anak melalui alat permainan kartu bergambar ditemui siklus I pada pertemuan 1 sebesar 66,24 %, pertemuan 2 sebesar 78,55 % dan pertemuan 3 sebesar 86,37 % dan rata-rata 77,05

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Estuhono Estuhono
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:57
Last Modified: 04 Oct 2022 02:57
URI: http://repository.undhari.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item
View Item