Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning (RBL) Untuk Keterampilan 4C’s Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik

Nina Nurhasanah, NN and Muhammad Subhan, MS and Estuhono, EH Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning (RBL) Untuk Keterampilan 4C’s Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6). pp. 4614-4627. ISSN 2656-8071

[thumbnail of Artikel Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan] Text (Artikel Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan)
1530-5525-1-PB (1) EDUKATIF 1.pdf

Download (834kB)

Abstract

Di SDN 221/II Talang Pamesun dalam proses pembelajaran IPA siswa kurang berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif,
minimnya materi terdapat dalam buku siswa menyebabkan siswa kurang mendapat informasi yang lebih luas tentang
materi IPA di kelas IV. Untuk mengatasinya peneliti berupaya mengembangkan bahan ajar berupa modul IPA bertujuan untuk membantu siswa mendapatkan wawasan baru mengenai pembelajaran IPA di kelas IV, menambah bahan ajar yang ada di sekolah dan menghasilkan pengembangan modul berbasis Research Based Learning (RBL) di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 221/II Talang Pamesun. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu model pengembangan 4-D yaitu pendefinisian (define,) Perancangan (design), Pengembangan (develop) dan penyebaran (desseminate). Hasil penilaian validasi modul pembelajaran IPA pada penilaian validitas oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 81% dengan kategori sangat valid. Pada penilaian praktikalitas mempunyai skor rata-rata 95% dengan kategori sangat praktis. Hasil penilaian efektifitas modul pembelajaran IPA dengan skor rata-rata 78,57% dikategorikan sangat efektif artinya modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Modul pembelajaran berbasis model RBL untuk keterampilan 4C’s dapat digunakan sebagai alternative sumber belajar untuk menunjang proses pembelajaran sehingga dapat membangkitkan 4C’s siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Estuhono Estuhono
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:57
Last Modified: 04 Oct 2022 02:57
URI: http://repository.undhari.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item
View Item